Tikus Menggerogoti Kabel Mobil

Mungkin kejadian ini tidak hanya pernah saya alami, mungkin banyak yang pernah mempunyai pengalaman seperti saya. Mobilnya dimasukin tikus. Tikus masuk ke mesin mobil dan mulai mengganggu.

Hujan deras yang mengguyur dari malam sampai pagi rupanya membuat tikus mencoba untuk mencari tempat perlindungan yang baru. Mobil yang berada diluar, yang hanya dilindungi kanopi bagian atas saja menjadi sasaran empuk bagi tikus untuk mendapatkan rumah barunya. Mesin mobil pun dimasukinya dari bawah.

Pagi itu saya seperti biasa menghidupkan mobil untuk persiapan berangkat kerja. Tidak ada yang aneh dari luar. Tetapi setelah beberapa saat duduk di tempat sopir dan bersiap untuk mundur, ternyata indikator mesin tetap menyala dan indikator mesin dingin juga masih menyala, wah ada masalah nih.

Sesuai buku manual kendaraan, indikator mesin akan menyala ketika kunci dihidupkan, setelah beberapa saat, lampu indikator tersebut akan mati, apabila lampu indikator gambar mesin tadi tetap menyala berarti ada sesuatu yang rusak pada mesin, begitulah kira-kira yang pernah saya baca. apalagi ini lampu indikator mesin dingin juga menyala padahal harusnya setelah beberapa menit mesin hidup, lampu tersebut juga akan mati.

Akhirnya saya buka kap mobil dan mulai cek. sungguh mengagetkan ternyata didalam kap mesin banyak dedaunan segar yang masih baru dan bangkai seekor tikus. segera saya bersihkan dan cek keseluruhan. ternyata ada kabel yang sudah mengelupas dikerikiti tikus dan yang lebih parah lagi, selang air wiper telah putus menjadi 3 digigit tikus. wah kejam sekali tikus ini.

Setelah saya bersihkan dan cek, ternyata indikator mesin rusak masih tetap menyala. terpaksa deh harus dibawa ke bengkel, ternyata harus di cek semuanya takutnya ada kabel yang putus atau mengelupas dan bisa mengakibatkan konslet dikemudian hari.

gara-gara tikus saja jadi repot begini, belum biayanya lagi, lumayan juga ganti ini itu cek ini itu habis ratusan ribu juga. akhirnya saya dapat saran dari bengkelnya untuk dikasih kamper di dalam mesin, ada beberapa bagian yang bisa digantungi kamper dan beberapa tempat yang bisa diberi kamper untuk pengamanan. semoga saja tikus tidak masuk mobil saya lagi.

Tinggalkan komentar

Filed under info, otomotif

maaf, blog ini sudah pindah

