Kurs USD 1 = Rp 9

Mungkin kurs ini yang akan muncul ketika rupiah telah di redenominasi dengan pengurangan 3 angka nol. Sekarang kan dolar amerika berada di kisaran 9000-an berarti kalau 3 angka nol nya dihilangkan akan menjadi Rp 9.

Isu redenominasi telah dilontarkan oleh Pejabat BI beberapa waktu yang lalu. banyak komentar yang pro dan kontra. Ada yang pro karena dengan penyederhanaan jumlah nol akan lebih menyimpelkan perhitungan bagi para akuntan dan pekerja di bidang keuangan.

Ada juga yang tidak setuju dengan alasan akan menyulitkan keuangan, ada juga yang trauma dengan pemotongan nilai uang yang pernah terjadi pada masa lalu. bahkan ada yang membayangkan rumitnya situasi yang akan terjadi dengan mekanisme redenominasi tersebut.

Ada yang menanyakan kalau 1.000.000 ntar menjadi 1.000, berarti mobil yang sekarang harga nya 100.000.000 akan menjadi berharga 100.000. Demikian juga kalau sekarang mendapat gaji 1.000.000 akan mendapat gaji 1.000 saja. trus gimana harga kerupuk yang sekarang 100 rupiah.  ya tentu nanti akan ada dong nominal uang yang lebih kecil lagi. mungkin berupa sen atau pecahan angka uang yang lain.

Terus, bagaimana dengan keuangan negara, kan ntar jadi bertambah pengeluaran kan harus membuat uang baru. Saya rasa tidak juga. kan bank Indonesia memang mencetak uang setiap tahun. cuma nantinya akan mencetak uang baru bukan uang lama lagi. jadi intinya setiap tahun memang mencetak uang tidak ada penambahan dana mencetak uang, hanya desainnya saja yang dirubah menjadi uang baru.

Kalau saya pribadi sih setuju saja dengan kebijakan redenominasi ini. yang penting kan nilai uang kita tidak turun. kalau emas sekarang yang seharga 1.000.000 ya nanti akan bisa dibeli dengan uang 1.000, uang kita nilainya tetap saja tidak menjadi berkurang. Bahkan untuk pembukuan akan lebih memudahkan lagi.

Tinggalkan komentar

Filed under info

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s