Memilih Penggunaan Blackberry Internet Services

Beberapa waktu lalu saya memang pernah menulis alasan saya menggunakan blackberry. salah satunya adalah karena saya ikut-ikutan teman saya. Ketika teman-teman saya asyik bbm, istilah untuk blackberry messenger, saya juga bisa ikut-ikutan nimbrung disitu, ketika teman-teman sharing gambar, kita juga ikut menikmati, kira-kira begitulah.

Memang sih, sebenarnya tanpa blackberry pun handphone yang yang lain sudah bisa, misalnya saja, browsing, chatting, YM, facebook, kamera, kirim gambar, bahkan buka email pun banyak smartphone yang mampu, mungkin cuma bbm saja yang nggak bisa.

Nah karena hanya mengikuti trend dan nggak dengan sepenuh hati kan sayang kalau seandainya fitur yang disediakan blackberry nggak dimaksimalkan, masalahnya kalau menggunakan blackberry tapi nggak langganan BIS, istilahnya Blackberry Internet services) kan sama saja bohong, nggak ada bedanya dengan handphone yang lain, yang hanya bisa untuk telpon, sms, kamera, dan mungkin browsing.

Biasanya di semua operator hampir sama, menawarkan beberapa paket BIS, dan hampir semuanya sama, yaitu paket email dan chatting, paket chatting dan social networking, dan paket all in unlimited. Namanya saja yang berbeda-beda diantara operator. harganya pun beda-beda, unlimited pastinya yang paling mahal.

untuk paket email chatting dan paket social networking biasanya harganya hampir sama. untuk paket email dan chatting biasanya bisa untuk push email, menerima email di blackberry dan chatting menggunakan Yahoo messenger, Google talk, windows live messenger, dan tentu saja blackberry messenger. tapi nggak bisa untuk social networking seperti facebook, twitter, flicker, myspace dan nggak bisa browsing.

Sebaliknya paket yang untuk social networking dan chatting bisa untuk facebook, twitter, myspace dan chatting menggunakan YM, Googletalk, BBM dan sebagainya tapi tetap nggak bisa browsing kalau mau browsing bisanya pake wifi.

jadi intinya diantara 2 paket itu sama-sama nggak bisa browsing tapi bisa chatting, bedanya yang satu bisa push email tapi nggak bisa facebook, twitter, yang satunya lagi bisa update status di facebook, twitter tapi nggak bisa terima push email.

Nah tergantung mau pilih yang mana, yang paling sering digunakan, harga paketnya juga biasanya nggak jauh beda, bisa bayar harian, mingguan ataupun bulanan.

Tapi jika belum puas dengan layanan itu atau ingin semua layanan, bisa push email, bisa social networking, bisa chatting, bisa browsing ya pilih paket yang unlimited saja, bisanya biayanya sekitar 2 kali lipat daripada paket yang tadi.

masalahnya, saya ini ingin paket yang murah tapi bisa browsing, chatting jarang, facebook juga jarang, tapi kadang-kadang kan perlu juga, masak kalau mau browsing harus cari hotspot dulu.

Akhirnya saya pilih paket email dan chatting saja, soalnya kan tetap bisa chatting dan terima email, mungkin ada yang urgent di email kan bagus bisa terupdate. Nah untuk browsing dan facebook gimana, ya kita setting saja blackberry kita untuk browsing tapi nggak ngikut paketnya blackberry, jadi kalau mau browsing berarti pulsa kita terpotong. seperti handphone biasa.

Jadi sama aja handphone biasa dong, kata teman saya, ya nggak juga sih kan masih bisa chatting, bbm, push email nggak bayar lagi, ngikutin paket BIS, tapi juga bisa browsing, facebook. karena saya nggak terlalu sering browsing, facebook apalagi download, alhasil biaya yang dikeluarkan masih lebih murah daripada langganan paket unlimited. artinya semua fasilitas bisa saya gunakan tapi biayanya lebih hemat. kecuali pakai paket unlimitednya operator yang ngaku termurah itu lho ya. hehe

Tinggalkan komentar

Filed under gaya hidup, info, komputer-internet

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s