Memperbaiki Extra Fan Mobil

Satu lagi pengalaman saya menghadapi masalah mobil. Sebetulnya saya cuma berniat untuk ganti oli saja waktu itu. Tapi ternyata setelah di cek semua extra fan nya mati padahal kalau fan itu mati tentu saja berbahaya untuk proses pendinginan mesin.

Kata mas bengkelnya, kalau nggak segera di baikin, nanti mesin bisa cepet panas pak, atau kalau nggak gitu harus sering di cek air radiatornya, soalnya airnya bisa cepet habis kalau extra fannya mati.

Ketika aku tanya, solusinya gimana pak, ya harus diganti pak, katanya. harganya berapa, kira-kira 1, 3 juta pak. Waduh koq mahal betul ya. harganya memang segitu pak. memang kalau di bengkel resmi ini harganya mahal, batin saya, walaupun saya juga mengakui kalau di bengkel resmi itu pasti kualitasnya juga nomor satu nggak main-main. Tapi kalau mikir harganya segitu ya mending ditunda dulu nih, perlu pikir-pikir dulu.

Nanti aja deh mas baikin extra fannya, kata saya, tulis aja di saran untuk servis selanjutnya. Akhirnya saya pulang dari bengkel dengan pikiran yang belum tenang memikirkan perbaikan extra fan yang kata orang bengkel resminya harganya 1,3 juta.

Setelah sampai rumah, iseng-iseng saya coba telpon temen yang punya bengkel juga tapi bukan bengkel mesin, bengkelnya kecil aja di pinggir jalan dan spesialis bengkel AC mobil.

Mas, extra fan saya nggak mau muter, kira-kira kenapa ya, tanya saya di telpon. Ya dilihat dulu mas masih bisa dibaikin nggak, kalau nggak bisa dibaikin berarti rusak dan harus diganti. Harganya berapa kalau ganti yang baru?. macam-macam mas, ada yang 300 ribu, kalau orisinil 600 ribu.

wah koq jauh bener bedanya, di bengkel resmi 1,3 juta, di bengkel temen paling mahal 600 ribu dapat original lagi.

Akhirnya keesokan harinya saya ke bengkel temen saya yang spesialis AC Mobil itu. disana malah ditawarin yang harga 300 ribu itu ternyata dapat extra fan original impor dari singapore katanya. kualitanya gimana, tanya saya. Namanya original ya pasti bagus pak, saya jamin deh. Ok lah kalau begitu saya ambil. Akhirnya saya pasang extra fan baru yang ‘original dari singapore’ itu dengan harga 300 ribu an.

Lumayan lah bisa menghemat kantong dari yang 1,3 juta jadi hanya 300 ribu an. walaupun saya masih bingung kenapa bisa begitu ya.

2 Komentar

Filed under info, otomotif

2 responses to “Memperbaiki Extra Fan Mobil

  1. Moti

    ya iya lah…yang dari Singapore dibeli “gelondongan” 1 mobil seharga mis. 2 juta..mungkin bodynya.sudah banyak penyok..tapi engine, kopling/transmissi masih bagus..demikian juga shock breaker, alternator, dasboard, ext fan dll..nah barang-barang ini di keteng..alias dijual pisah..hasilnya..bisa lebih dari 10 juta !..jadi ext fan itu harganya mungkin cuma 50 rb..he..he..ceng li lah (kata “orang glodok”)

  2. nadee

    setau saya harga extra fan yg ori cuma Rp.500.000 pak, untung deh bapak ga ganti di bengkel resmi kalo gak bisa jebol jg tu dompet hehehehe, memang kalo mo ganti spare part bagusnya kita cek dulu ke beberapa tempat pak, jgn langsung setuju.

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s