Yang Heboh di Pertandingan Liga Sepak Bola Indonesia

hari itu saya pergi menggunakan mobil sambil mendengarkan radio. ternyata di radio sedang mengabarkan tentang jadwal pertandingan liga indonesia yang kerennya bernama ISL, Indonesian Super League. waktu itu yang akan bertanding persebaya surabaya melawan arema malang.

Yang ngerti sepak bola pasti tahu tentang kedua tim ini. tim dengan kekuatan suporter yang fanatik dengan jumlah besar. yang tentunya dengan massa yang besar tersebut berpotensi menimbulkan keonaran.

seperti biasa, kalau akan ada pertandingan sepak bola kan pasti yang dibahas bagaimana kekuatan antar tim. bagaimana prediksi skor pertandingan atau kalau nggak strategi apa yang akan dilakukan oleh pelatih masing-masing. pemain bintang siapa saja yang diturunkan, bagaimana nanti posisi masing-masing klub di klasemen liga, bahkan kalau pertandingan besar yang seru sampai ada thread tersendiri di forum-forum di internet.

tapi ini diradio yang saya dengar ini bukan tentang bagaimana pertandingan yang akan dilakoni oleh persebaya versus arema, bukan bagaimana prediksi pertandingan, bagaimana strategi yang akan diusung, tetapi bagaimana pengamanan pertandingan

jadi yang dibahas di radio itu malah bagaimana persiapan bapak polisi menghadapi pertandingan sepakbola, nah lo kan yang main bukan pak polisi ya, hehe.

yang dibahas dimana saja titik rawan terjadi bentrokan suporter, bagaimana nanti setelah bubaran pertandingan, rute mana yang dilewati suporter, bagaimana suporter kembali ke kota masing-masing. berapa jumlah polisi yang disiagakan, dari polres mana saja polisi di datangkan.

Lho pertandingan sepakbolanya mana koq malah nggak disinggung sama sekali.

mungkin bener juga sih, kan itu juga perlu diinfokan ke masyarakat, namanya juga sumber berita. tapi dari esensi sepakbola menjadi pemberitaan non teknis tentang sepakbolanya itu, justru esensi dari pertandingan liga sepakbolanya sendiri akan terlewatkan.

Tinggalkan komentar

Filed under fenomena, olahraga

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s