Apa Artinya Undang-undang Kalau Tidak Disertai Moralitas

Baru saja saya baca makalah mengenai etika bisnis, disitu terdapat penjelasan tentang aspek pokok dari bisnis yaitu dilihat dari sudut pandang ekonomi, hukum dan etika/moral. Dilihat dari sudut pandang hukum, bisnis telah diatur berdasar hukum dagang dan hukum bisnis, hukum lebih jelas daripada etika. selain hukum juga ada etika dan moralitas dalam berbisnis, namun bagaimana kalau moral para pebisnis mengabaikan etika dalam berbisnis. Pada jaman kekaisaran roma, ada pepatah terkenal waktu itu “Quid Leges sine moribus” yang artinya “Apa artinya undang-undang kalau tidak disertai moralitas”.

Dari situ akhirnya kita bisa lihat hal-hal yang ada disekitar kita. Semua hal telah ada aturannya. Semua hal telah ada hukumnya, baik itu hukum pidana yang diatur negara maupun hukum yang diatur oleh agama kita masing-masing. Tapi apa yang kita lihat di lapangan? Semua kalau tidak disertai moralitas tidak ada gunanya.

Ada juga yang bilang, aturan dibuat untuk dilanggar. Nah, kalau bukan moralitas yang baik tentunya semua aturan akan dilanggar. Mungkin, kalau boleh saya berpendapat, di negara ini, bukan hukum yang jadi prioritas utama untuk ditegakkan, namun moralitas juga perlu dikedepankan.

Hukumnya akan dibuat sedemikian rupa bagusnya, dengan ahli hukum semua dikerahkan, namun implementasinya kalau moralitas diabaikan tetap saja akan terjadi pelanggaran hukum. Sudah diproses sesuai ketentuan yang berlaku, misalnya, pelaku ditangkap dan diadili, tapi kalau di pengadilan dengan penegak hukum yang moralitas tidak baik, juga percuma saja undang-undang tersebut.

Tinggalkan komentar

Filed under fenomena, kehidupan

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s