Daftar Denda untuk Pengguna Sepeda Motor

Sesuai UU No 22 tahun 2009 yang mengatur tentang lalu lintas dan angkutan jalan, banyak aturan baru yang dikenakan denda jauh lebih besar dibandingkan dengan UU lalu lintas yang lama.

denda ini tentu bertujuan untuk membuat efek jera bagi pelaku dan bertujuan agar pelanggaran tersebut tidak diulang lagi. Berikut ini sedikit dari isi UU tersebut khususnya bagi pengguna sepeda motor.

Tidak menyalakan lampu pada siang hari terkena  denda Rp 100.000 (Pasal 293 Ayat (2) jo Pasal 107 (2))

Tidak menggunakan helm standar SNI denda Rp 250.000 (Pasal 291 Ayat (1) jo Pasal 106 Ayat (8))

Penumpangnya tidak menggunakan helm standar denda Rp 250.000 (Pasal 291 Ayat (2) jo Pasal 106 Ayat (8))

Mengangkut penumpang lebih dari satu orang (tanpa ada kereta samping) denda Rp 250.000 (Pasal 292 jo Pasal 106 Ayat (9))

Sepeda motor tidak dilengkapi persyaratan seperti kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, atau alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban denda Rp 250.000 (Pasal 285 Ayat (1) jo Pasal 106 Ayat (3) dan Pasal 48 Ayat (2) dan Ayat (3))

Untuk yang bukan pengguna kendaraan bermotor ternyata ada dendanya juga, yaitu untuk berpegangan pada kendaraan bermotor, menggunakan jalur kendaraan bermotor, menarik kendaraan/benda yang membahayakan denda Rp. 100.000 (Pasal 299 jo 122 hrf (a, b, dan c))

Untuk para biker mohon hati-hati, lengkapilah persyaratan yang disyaratkan dan gunakan selalu helm standar.

11 Komentar

Filed under info, otomotif

11 responses to “Daftar Denda untuk Pengguna Sepeda Motor

  1. Issaura

    Kalo gada SIM gratis ya?
    Koq gada tertulis hehe

    • santosinta

      Iya ya SIM belum ditulis, setelah kubaca lagi, ternyata kalau tidak memiliki SIM denda paling banyak Rp 1.000.000 atau kurungan paling lama 4 bulan, kalau tidak bisa menunjukkan SIM denda paling banyak Rp 250.000 atau kurungan paling lama 1 bulan. ngeri juga ya

    • kalau gak punya sim malah ngak d tilang lawong berkendaraanya ndek rumah sendiri…….y kasian deh elooooooooooo pak polisi

    • kalau aq santai aja soale ngak bakal kena tilang, lawong berkendaraanya ndek rumah sendiri…….y kasian deh elooooooooooo

  2. madong

    .wah, orang susah tambah susah aj tuh

  3. saya hari kamis, 10 Juni 2010 akan disidang sebagai terdakwa karena membawa penumpang yang tak memakai helm. wah saya harus siap2 didenda 250,000. tolongin dong pak saya orang kecil.

  4. rizki

    klo masyarakat ada om polisi yang menilang, tapi mereka seenaknya aja g menggunakan atau melanggar peraturan tersebut, siapa yang menilangnya?

    yang kedua bagi aparat kepolisian yang suka menerima atau meminta uang di jalan kpd masyarakat apakah d bolehkan atau komandan nya yang menyuruh y? langkah apa yg harus dilakukan????

  5. dondi

    Tidak menyalakan lampu disiang hari, denda 100.000 kalo bayar di polisi murah cuman 50.000 aja kok, biasanya pak polisi tanya, bayar di sini atau tilang.

  6. LG jetcool

    lah kalau gak nyalain lmpu.ajak damai ja polisinya pling” byr 30rb g sulit kan

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s