Tiga Kelompok Manusia

Di selebaran hari jumat kemarin ada hal yang menarik tentang penggolongan manusia, kalo nggak salah tertera di Al Quran penggolongan tersebut.
Penggolongan manusia dibagi menjadi tiga, Yang pertama umat manusia yang zalim linafsih atau yang menganiaya diri sendiri. Yang termasuk golongan ini adalah manusia yang beribadah setiap hari, mampu membaca Al Quran, mengerti tentang ilmu agama, tapi dalam kehidupan sehari-harinya tidak mencerminkan agamanya, tidak melaksanakan apa yang dipelajari dalam agama.
Golongan yang kedua adalah umat yang muqtashid atau ditengah-tengah. paling tidak lebih baik daripada zalim linafsih. umat ini beribadah setiap hari, mampu membaca dan memahami Al Quran dan mengamalkannya. Tapi di sisi lain masih juga melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama Islam. Dalam kehidupannya hanya sebatas melaksanakan kewajiban agamanya saja.
Yang terakhir golonan ketiga adalah golongan sabiq bil khairat. golongan ini melaksanakan ibadah, membaca dan mengerti Al Quran, mengamalkannya dan menambah dengan khusyuk, sabar dan ikhlas, menjauhi laranganNya, melaksanakan hal – hal yang wajib dan ditambah hal yang sunah.

Tinggalkan komentar

Filed under agama

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s