Arti Kata Terima Kasih dalam Bersyukur

Banyak orang yang sering bilang kita ini harus selalu bersyukur atas nikmat yang telah kita terima selama ini. Tapi seperti apa sih wujud dari syukur kita itu. kalo kita tanya pada diri kita sendiri malah bingung jawabnya apa.
Syukur dapat diartikan sebagai terima kasih kita pada Sang Pencipta yang telah membarikan kenikmatan selama hidup ini untuk kita.
Terima kasih dapat diartikan berasal dari kata terima dan kasih, berarti kita harus melakukan 2 hal yaitu pertama terima dan kedua melakukan kasih.

Kalo dilihat dari urutannya berarti kita setelah menerima (terima) kita juga harus melakukan mengasih (kasih).
seperti yang ditulis diatas bahwa kita bersyukur atas nikmat yang telah kita terima, berarti hal pertama telah kita lakukan (menerima), nah untuk melengkapi syukur kita berarti kita juga harus melakukan hal kedua yaitu kasih.
Dengan kasih dapat diartikan dengan memberi, mengasihi, mengasihkan apa yang kita terima tersebut.
Nah, pertanyaannya kalo kita sudah merasa bersyukur, kita sudah melakukan 2 hal itu atau belum, kalo belum berarti belum lengkap syukur kita.
Untuk hal yang pertama, seperti apa sih hakikat dari terima tersebut. Terima dalam hal ini dapat diartikan jika kita menerima sesuatu seakan-akan kita telah menerima sesuatu tersebut dalam jumlah yang banyak dan melimpah sehingga kita perlu untuk mengasihkan sebagian untuk orang lain. Misalnya kita dapat honor 1 juta, dengan bersyukur kita merasa jumlah itu sangat banyak dan harus menyisihkan sebagian untuk orang lain yang membutuhkan melalui zakat atau infaq misalnya.
Nah untuk hal yang kedua, seperti apa hakikat kasih ini.
Kasih disini dapat diartikan jika kita memberi orang lain seakan-akan pemberian kita ini terlalu kecil sehingga kita akan mengikhlaskan dan menambah jumlahnya lain waktu. Misalnya kita memberi anak yatim sebanyak seratus ribu, namun kita merasa bahwa pemberian kita ini terlalu kecil jadi lain waktu kita berusaha untuk meningkatkan jumlahnya.
Mungkin ada yang berpendapat mudah melakukan itu namun juga ada yang sulit.
Tetapi yang paling penting adalah kita harus selalu bersyukur terhadap nikmat yang telah kita rasakan selama ini.

Tinggalkan komentar

Filed under agama, kehidupan

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s