Pengalaman Mudik : Lancarnya Jalanan tanpa Truk lalu lalang

Sangat terasa sekali kalau kita sering melakukan perjalanan jauh. Perbedaan kalau ada truk dan ketika truk dilarang beroperasi. Masa mudik adalah masa ketika truk dilarang untuk beroperasi.

Melewati jalan sepertinya lancar kalo nggak ada truk, adanya hanya kendaraan pribadi dan bis, semuanya bisa melaju dengan kecepatan yang hampir sama. jalanan lancar, kecepatan bisa stabil terjaga di kecepatan yang kita inginkan.

Perjalanan mudik lebaran kemarin alhamdulillah berjalan dengan lancar, berangkat dari rumah sore, memang sengaja untuk berangkat di sore hari biar nggak panas di jalan. memang sih jadi dilema mau perjalanan malam hari atau siang hari. kalo perjalanan malam, anak-anak biasanya tidur, jadi tenang tapi yang jadi sopir bekerja lebih berat konsentrasi nyetir malam hari. Kalo perjalanan siang sudah jelas pandangan terang benderang, kalo terjadi masalah banyak yang mambantu, banyak bengkel buka, tapi keadaan biasanya panas dan anak-anak malah nggak bisa diam di dalam mobil, maklumlah balita.

Akhirnya berangkatlah pulang kampung di sore hari, jadi sudah nggak terlalu panas, alhamdulillah lancar, bisa dibilang sangat lancar, semua kendaraan melaju dengan kecepatan yang standard hampir sama, jadi nggak pernah terjadi antrian panjang untuk mendahului suatu kendaraan.

Nah, waktu perjalanan baliknya, sebetulnya lancar juga sih, tapi kalo sudah ketemu truk dan jalannya sempit cuma dua jalur dengan traffic yang padat sudah pasti akan terjadi antrian yang makin lama makin panjang, paling depan truk dengan kecepatan pelan-pelan. udah gitu asapnya menghitam dari knalpotnya, waduh lama-lama pusing juga.

Kalo udah gitu baru terasa enaknya dan lancarnya kalo nggak ada truk di jalanan. bukan hanya keluar kota saja, sering kita liat di jalan tol truk yang mogok membuat macet parah di jalan.

Mungkin bukan karena keberadaan truknya yang jadi masalah, truk kan mengangkut dari suatu daerah ke daerah lain, bisa menjalankan ekonomi, tapi kalo keadaannya sudah tidak layak justru malah membuat masalah di jalan. fungsi kontrol laik jalannya yang belum diterpkan dengan baik.

1 Komentar

Filed under kehidupan, keluarga

One response to “Pengalaman Mudik : Lancarnya Jalanan tanpa Truk lalu lalang

  1. mudik memang meng asikan dan nambah pengalaman

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s