Bulan Ramadhan Menggerakkan Makro Ekonomi

ekonomiSepertinya sudah menjadi tradisi di lingkungan kita, ketika di bulan ramadhan pengeluaran untuk kebutuhan kita justru membengkak. Tidak hanya masjid saja yang ramai orang beribadah, mal-mal pun ikut ramai juga oleh pengunjung.

Pengeluaran kita di bulan ramadhan biasanya akan melonjak atau bahkan mungkin ada yang sampai 2 kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. entah ini bisa disebut sebagai hal yang baik atau hal yang buruk.

Dari hal yang kecil, di bulan ramadhan tiap hari kita beli tajil untuk buka puasa, biasanya bulan lain kan nggak, untuk 30 hari, Untuk makan pun biasanya lebih dari biasanya, hitunglah sudah berapa, belum lagi kebutuhan untuk lebaran, semua disiapkan di bulan ramadhan ini. Untuk beli tiket buat pulang kampung. oleh-oleh untuk orang tua dan saudara.

Kalo dilihat dari diri orang per orang mungkin bisa jadi bukan lah hal yang baik. pengeluaran yang besar tentu akan memberatkan perekonomian seseorang, tanpa perencanaan yang matang bisa-bisa bikin perekonomian keluarga minus dengan pengeluaran-pengeluaran itu.

Tapi kalo kita lihat secara makro mungkin itu bisa jadi merupakan hikmahnya bulan ramadhan, perekonomian jadi berjalan, usaha kecil dan menengah berkembang, banyak industri rumah tangga yang produksinya lancar di bulan ramadhan. konsumsi masyarakat meningkat, sektor transportasi untuk mudik menjadi lancar dan meningkatkan kegiatan ekonomi tidak hanya di kota besar tapi juga kota kecil dan jalur alternatif jalur mudik.

Saya memang bukan ahli ekonomi, tapi kalol kita pikirkan mungkin memang bulan ramadhan yang penuh berkah ini bisa menggerakkan makro ekonomi di satu sisi dan memberatkan ekonomi mikro di satu sisi, pandai-pandailah mengatur ekonomi, jangan terlalu konsumtif mengikuti nafsu kita, namanya juga bulan puasa.

Tinggalkan komentar

Filed under agama, fenomena, gaya hidup

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s