Memilih Susu Untuk Anak

HARGA mahal identik dengan kualitas tinggi. Demikian anggapan orang. Termasuk, memilih susu formula untuk si kecil.

Marzuki Iskandar STP MTP, ahli nutrisi dan makanan dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia, tak sependapat. Susu untuk anak tak harus selalu mahal. “Selama ini, orang tua masih price minded, acuan utamanya harga. Padahal, orang tua yang cerdas mampu menyesuaikan kebutuhan anak dan kondisi perekonomian,” katanya .

kualitas susu didasarkan pada komposisi zat gizinya. Untuk mengetahui, tinggal dilihat tabel informasi nilai gizi pada kemasan susu. Bandingkan label satu merek susu dengan yang lain untuk meyakinkan. Asal kebutuhan gizi dalam susu untuk anak terpenuhi, orang tua tak perlu risau menggunakan susu dengan harga lebih terjangkau.

Ada lima zat gizi yang bisa dipenuhi dari susu. Yaitu, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu, asupan gizi (termasuk susu) perlu dipertimbangkan untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan aktivitas harian anak.

Susu yang baik memiliki kandungan karbohidrat 150-200 kalori per saji. Jumlah tersebut menyumbang seperempat kebutuhan kalori sekali waktu makan. Kebutuhan protein si mungil masih bergantung pada susu. Sebab, minuman tersebut paling mudah dicerna. Sehari anak memerlukan 23 gram protein. Dengan minum susu tiga kali sehari, rata-rata nilai protein yang ideal untuk per takaran saji susu adalah 75 gram,” Delapan asam amino, termasuk protein, menunjang pembentukan neurotransmitter (zat hantar saraf) di otak. “Secara alami, susu segar sudah mengandung bahan tersebut. Pengolahan yang baik akan menjaga seluruh protein tersebut,”.

Yang juga membedakan anak dengan dewasa adalah kebutuhan lemak. Susu ikut menyuplai kebutuhan lemak anak. Lemak yang dibutuhkan, antara lain, omega-3, omega-6, DHA, AA, dan spingomielin. “Lemak berfungsi membantu pembentukan saraf otak,”.

Vitamin A, B kompleks, C, D, dan E seharusnya tertera pada label nilai gizi susu. Sebab, vitamin-vitamin tersebut dibutuhkan anak untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

Kandungan mineral yang harus diperhatikan adalah kalsium, fosfor, dan magnesium. “Kalsium untuk pembentukan tulang, sedangkan fosfor menjadi pengikat kalsium dalam tubuh. Jadi, dua mineral ini tak boleh dipisahkan,”. Jika susu hanya mengandung kalsium, itu justru membahayakan. Kalsium bebas akan memengaruhi kerja jantung si kecil. Perbandingan kalsium dan fosfor setidaknya 1:1. “Akan lebih bagus jika jumlah fosfor lebih banyak dibanding kalsium,”.

Nah, besi dan magnesium diperlukan untuk pembentukan sel darah merah. Jika kekurangan, anak jadi lemah, letih, dan lesu. Besi sebenarnya juga terdapat dalam sayur dan olahan hewani. “Namun, penyerapan mineral susu lebih baik. Persentasenya, susu terserap 30 persen, sayur 10 persen, dan produk hewani 25 persen,”.

Sumber : Jawapos

1 Komentar

Filed under anak-anak, kesehatan

One response to “Memilih Susu Untuk Anak

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://orang-tua-anak.infogue.com/memilih_susu_untuk_anak

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s