Daftar Kota Ternyaman Di Indonesia

Dari hasil penelitian yang dilakukan Ikatan Ahli Perencana di 12 kota di Indonesia terhadap kota yang dianggap nyaman, menyebutkan kota Yogyakarta sebagai kota ternyaman di Indonesia.

Penelitian dilakukan terhadap 1200 orang, dengan 100 orang per kota yang dinilai, dengan kriteria kualitas penataan ruang, jumlah ruang terbuka, kualitas angkutan umum, perlindungan bangunan sejarah, kebersihan, pencemaran, kondisi jalan, fasilitas pejalan kaki, kaum diffable, kesehatan, pendidikan, air bersih, jaringan telekomunikasi, pelayanan publik, hubungan antar penduduk, listrik, fasilitas rekreasi.

Hasil dari penelitian itu adalah : (nilai tertinggi 100 yakni sangat nyaman)

1. Kota Yogyakarta  nilai indeks  65,34

2. Manado 59,9;

3. Makassar 56,52;

4. Bandung 56,37;

5. Jayapura 53,13;

6. Surabaya 53,13;

7. Banjarmasin 52,61;

8. Semarang 52,52;

9. Medan 52,28;

10. Palangkaraya 52,04;

11. Jakarta 51,9;

12. Pontianak 43,65

dari hasil survei di 12 kota besar tersebut hanya warga Yogyakarta yang sebagian besar merasa nyaman tinggal di kotanya. Meski begitu, kenyamanan tersebut lebih banyak didukung faktor budaya yang lembut,sopan,dan ramah.

Sedangkan Warga DKI Jakarta, tidak merasa nyaman karena faktor pelayanan angkutan umum,terutama soal kualitas, kurangnya fasilitas untuk wanita hamil dan orang cacat, kebersihan lingkungan, penataan kota yang buruk, kurangnya ruang terbuka hijau (RTH) dan paling tinggi adalah keluhan kesediaan lapangan kerja.

Bagaimana dengan kota anda?

About these ads

9 Komentar

Filed under fenomena, info

9 responses to “Daftar Kota Ternyaman Di Indonesia

  1. Ping-balik: Kampus Idaman? Bagaimana sih? « akhyar.web.id

  2. menurut saya, tdk tepat mengukur kenyaman suatu kota berdasarkan pendapat subyektif penduduknya..
    alasannya diantaranya :
    - tdk semua orang punya kualitas untuk menilai secara obyektif
    - sikap budaya pasrah
    - keterbatasan pengalaman menjejak daerah2 lain di indonesia, bagaimana bisa menilai, apple to apple kalau tdk pernah mencicipi apple yg lain..

    tanyakan pada para traveller, atau sample dgn kriteria (pendidikan-profesi-pencapaian sosial) 3 hal yg tdk terpisahkan, jangan hanya pendidikan s2 tapi gubluk, musti seorang yg sukses di bidangnya..
    orang2 seni, dsb

    seperti makanan enak, gak semua org tau membedakan yg mana makanan berkelas, lezat, maknyus, top markotop (pinjam istilah pak bondan),

    yang mana fashion terbaru, matching, dsb,

    gak norak..
    itu butuh kepekaan..
    jadi saya bilang data di atas keliru

    - kenyamanan boleh : medan, makassar, bandung, batu, kemacetan sgt rendah, meskipun malam minggu makassar sdh macet, bandung gak sesejuk dulu en macet juga terutama weekend,
    - paling buruk : jakarta, macet, panas, kumuh, sesak, bising dan stress

    bagaimana bisa mengharap data yg akurat dari responden yg kurang intelektual, ndeso, pasrah, tdk punya ketajaman rasa,..

    parameternya apa..?
    - pln/pam lancar?
    - kebersihan kota
    - transportasi, penerbangan lancar,..
    jogja payah, diatas jam 19.00 angkot tdk ada lagi, malioboro kumuh, pagi trotoarnya bekas jualan warung2 tenda, basah dan bau,.penjual maknan di malioboro kyk preman, tdk ramah, nampaknya bukan aseli jogja, banyak bagian2 kota yg gelap,.

    siapa bilang jogja nyaman..?, di jl kaliurang motor2 dengan knalpot bising dan kecepatan tinggi, sehingga ngeri untuk nyebrang ataupun berdiri di tepi jalan,.
    jogja payah, jauh dr promosinya
    apa yg bagus dr malioboro..?, bingung..

    menado oke, bersih..
    makassar metropolitan, sayang agak panas..

    kota yang nyaman itu bandung, batu, cianjur, sukabumi, medan…
    jogja coret aja..

    • joel

      He…bro berpendapat boleh boleh sj,survei jg tidak sebodoh yang kamu bilang,ada standard khusus,lg pula ente gk suka dengan jogja boleh leh aj,tapi jngn sadis gitu donk itu gak terlalu penting kok,…tapi kenyataanya gw melalang buana dari palembang…sampai nabire,timika memang gw akui jogja berkesan tenang saya disana 8 tahun kuliah +bisnis n sekarang berlabuh dijakarta,sebelumnya hampir kota besar di indonesia gw kunjungi kalau versi gw sih Jogja,palembang,bandung,makasar ,baru yang lain dan tidak perlu ada yang di coret, peace untuk semua gan thanks semuanya bagus

  3. ucca

    sAYA maaahhh..condong ke Yogya..
    orangnya ramah…kalem..bagus pokonya..
    kmz..jaaauhhhhhhh..
    g’ ada bgaus”nya…
    panas..orang”nya kasar…dag ada yang bagus pokok e…

  4. kota yg nyaman adalah : tidak berpolusi, byk taman dan kota masih byk pepohonan, tingkat kriminal sangat rendah kalau bisa 0, listrik dan air tdk pernah mati, fasilitias kota lengkap, ….di indonesia tdk ada kota seperti ini…..

  5. aryo

    sapa tuh geri………….. gue pernah tinggal di banyak kota..
    jogja pali aman…semua agama bisa hidup dengan damai.. gak ada kekerasan…

  6. ada tapinya…bahaya merapi selalu mengancam……juga gempa……..Balikpapan kota aman gn merapi dan gempa…..(Insya Allah)…., aman beragama, angkotanya juga nyaman, ruang publik pun cukup, warganya tdk gampang terprovokasi/jarang demonstrasi….tapi.ada kekurangannya juga, misal panas dan salah satu kota termahal……….

  7. simkurink

    gak ada kota yg nyaman di indonesia.,., listrik sering mati, jalanan kotor, jalan bnyk rusak, macet, lalu lintas sembrawut, bnyk copet, maling, oknum2 pemerintahan, oknum2 polisi berkeliaran, kacau balau pokoknya.,.
    tapi kalo di kampung mungkin msh ada yg nyaman.,.,
    hanya bisa pasrah dgn keadaan yg serba sembrawut di indonesia.,.
    yg penting tetap bersyukur pd Tuhan.,.,

  8. wang

    gw heran atas survey ini,makassar yg jelas2 sangat seering dilanda demo yg anarki kok bisa masuk daftar…?

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s