Memperbaiki AC Mobil Honda Jazz

honda-jazzMungkin diantara para pemilik mobil pernah memiliki pengalaman yang sama dengan saya. AC mobil tidak terasa waktu siang tetapi kalo malam rasanya dingin sekali. anehnya lagi lama-lama yang keluar bukan angin dingin tetapi angin panas.

Masalah AC mobil saya dulu juga begitu, pertamanya kalo kita hidupkan ac pada malam hari, rasanya dingiiin betul, tapi kalo siang koq malah rasanya panas gini. Saya pikir karena kaca mobil kurang gelap. Tapi lama-lama bukan itu lagi masalahnya. Jika kita nyalakan Ac, setelah beberapa saat sekitar 30 menit atau 1 jam, justru ac nggak hidup lagi, nggak ada aliran udara dingin dari lubang ac, malah udara panas yang keluar, waduh koq jadi gini, jadi panas dong.

Mulanya saya berpikiran kalo freonnya habis, saya putuskan untuk tambah freon, jadilah ke bengkel untuk tambah freon, R134 tentunya, kan yang ramah lingkungan hehe.

Ternyata setelah tambah freon tidak menyelesaikan masalah, tetap saja yang setelah 30 menit atau 1 jam perjalanan pakai Ac, yang keluar malah udara panas, bukan dingin.

Setelah tanya kesana kemari barangkali ada teman yang punya pengalaman serupa ternyata hasilnya nihil, tanya ke bengkel resmi honda pun jawabannya kurang memuaskan. Akhirnya diputuskan untuk ke bengkel spesialis Ac guna mencari penyakit Ac secara menyeluruh.

Ditelitilah semua bagian ac mobil dari bagian kondensor, kompresor, evaporator, blower, hingga pipa-pipa barangkali ada kebocoran. setelah dikerjakan setengah hari akhirnya didapatkan kesimpulan ketika Ac pertama kali dihidupkan ac akan bekerja normal, setelah suhu udara dingin kan biasanya ac mati blowernya, terus hidup lagi, trus mati, hidup lagi dan seterusnya, ternyata di mobil ini tidak begitu. Pertama kali Ac dihidupkan, ac akan bekerja normal, kemudian mati dan harusnya kan hidup lagi tetapi setelah mati ternyata tidak mau hidup lagi, makanya yang keluar udara panas bukan udara dingin.

Dari situ akhirnya ketahuan kalau yang bermasalah ternyata magnet kompressor tidak bekerja dengan baik, jadi ketika harus menghidupkan kompressor lagi tidak bisa. bagian-bagian yang lain masih normal kondisi bagus. akhirnya dilakukanlah penggantian magnet kompresor tersebut.

Akhirnya masalah Ac dapat dipecahkan dan bekerja dengan baik.

8 Komentar

Filed under otomotif

8 responses to “Memperbaiki AC Mobil Honda Jazz

  1. Sebetulnya belum tentu magnet compressor nya yg rusak, biasanya centrepiece nya yang sudah aus, sehingga jarak antara magnet compressor dengan centrepiece jadi “jauh”.
    Cara ngakalin nya gampang:
    1. buka centrepice
    2. cabut ring centerpiece (cuma ada 1 buah)
    3. pasang kembali centrepiece
    4. ac normal lagi….
    Cek kondisi magnet, jalan/tidak

    • santosinta

      Terimakasih pak ferry, mungkin saja itu benar pak ya, maklumlah pak saya tidak tahu, kayaknya pak ferry ahli ac nih, mungkin sekali-sekali boleh saya konsultasi ya pak hehe

      • muhammad

        pak fery,mobil jazz ku acnya ada kendala klo rpm tinggi ada suara gesekan yg keras apanya ya pak????????

  2. Jawir

    Bos… mo tanya jg, sejak pertama beli jazz 07 ampe skrg ac kurang dingin,,,, blower nyala mati nya cepet baget, dulu dah dibawa ke bengkel honda resmi…dibongkar tetep aja ga ktemu….. ne musim hujan kaya gini…wuih repot bgt,,,pa lagi malem kena sinar lawan langsung silau ga keliatan jalan…. mudah2an bos dapat ngasih pencerahan. tks ya.

  3. ronny nursalim

    pak mengenai ac kalo centre piece nya kan udah dicopot trus dipasang lage,tetep panas katae harus ganti centre piece nya saja ,apa bener ada yg jual??trus di honda sendiri ada jual spare part asli e ga ?bgm car cek sudah diganti pa belom,kita kan nga liat sendiri kalo pas diganti ….minta petunjuk dong kira-2 dimana honda resmi disby yg teknisi e bagus/bisa dipercaya

    • santosinta

      sebenernya saya juga nggak pinter masalah ac pak. itu cuma pengalaman saya saja, kalau di surabaya pak saya cuma pernah di surabaya center sama honda graha sidoarjo, saya lebih suka sidoarjo sih, deket rumah, nggak rame, cs nya enak ngobrolnya. tapi kalo ac saya tanya di sby senter diserahkan rekanan yang di jl tidar itu pak, coba di jemursari pak katanya disana lengkap

  4. Leonard Rizky

    Magnet kompresor harganya berapa ? kebetulan jazz saya mengalami hal yang sama.

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s