Berapa Km Waktunya Ganti Oli

Ketika lihat jumlah kilometer di dashboard nggak terasa kayaknya sudah lama dan hampir waktunya nih buat ganti oli, kadang bingung juga sebenarnya kapan waktunya ganti oli, ada bengkel yang ngasih tau kalo waktunya ganti oli kalo udah 4000 km, ada yang 5000 km, bahkan ada yang tertera pada botol kemasan sampai dengan 6000 km.

Setelah googling kesana kemari (kayak lari-lari aja) akhirnya ketemu juga kesimpulan. Ternyata untuk ganti oli bukan hanya dihitung dari jarak tempuh kendaraan saja, tetapi juga dari berapa lama mesin itu hidup.

Misalnya nih kalo kita sering kena macet berarti waktu mesin itu hidup kan lama tetapi jumlah tempuh km-nya masih sedikit. tapi kalo jalannya lancar kan sesuai aja mesin hidupnya lama dan jarak tempuh juga jauh.

Kalo dipersamakan dengan mesin-mesin alat berat  perawatannya dihitung dengan berapa lama alat tersebut bekerja bukan dihitung dari jarak yang telah ditempuh. Untuk alat berat perawatan ganti oli dilakukan setelah kira-kira bekerja 250 jam.

Jadi contoh aja  kalo misalnya kita tiap hari pulang pergi dari rumah ke kantor yang diperlukan dimobil sekitar 3 jam kita bekerja 30 hari sebulan, termasuk jalan sama keluarga nih, berarti dalam sebulan mesin telah bekerja 90 jam, berarti untuk mencapai 250 jam nggak sampai 3 bulan sudah saatnya untuk ganti oli. belum tentu jarak tempuh nya sudah 5000 km atau belum. kalo sering kena macet berarti kerja mesin akan lebih lama, berarti waktu ganti oli juga akan berbeda-beda.

untuk mobil yang jarang dipake juga tetep dilihat kapan waktunya ganti oli, ada yang bilang 3 bulan sekali harus diganti takutnya kuantitas dan kualitasnya tidak maksimal.

About these ads

2 Komentar

Filed under otomotif

2 responses to “Berapa Km Waktunya Ganti Oli

  1. fuad

    jadi gan kl motor tepat nya brp jam bru gnti oli,tadi tu kan diatas 250 jam buat alat berat.mohon pejelasan nya?

    • santosinta

      kalo alat berat kan geraknya nggak jauh, misalnya excavator jadi pake jam kerja, kalo motor kan bisa diukur dari jarak tempuh, mungkin sekitar 2000 km

maaf, blog ini sudah pindah

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s